TRADISI HIDUP DI BELANDA

Tradisi menjelang Hari Natal di Belanda | ellyafriani.blog


Indohollandtours.blog – Negara Belanda terletak di benua Eropa bagian Barat, memiliki penduduk lebih kurang 17 juta jiwa. Mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen. Pejalan yang nungu-nunggu liburan musim dingin di Belanda sekalian mau ngerayain Hari Natal di Belanda, coba kunjungi tradisi Natal khas Belanda ini saat di bulan November.

 

Baca juga: 

 

Layaknya setiap tahun menjelang hari Natal. Hari ini tanggal 19 November 2017, kebiasaan masyarakat di Belanda menyambut kedatangan Sinterklas, di kota Utrecht. Yang di percayai, bahwa Sinterklas dan prajurit-prajuritnya datang dari Spanyol ke Belanda, dengan transportasi perahu.

 

Baca juga: Wisata Sampan

 

Momen ini sangat di tunggu-tunggu oleh semua umur – terutama anak-anak. Sinterklas menyambut salam ramah kepada warga – mimik kegembiraan anak-anak yang tidak bisa mereka pendam.

Aku pun gak mau kalah sama anak-anak yang ngotot pingin bersalaman sama si Sinterklas. 😉

Kendaraan kuda Sinterklas dengan hiasan berwarna-warni di barengi alunan musik membuat suasana kedatangan beliau menjadi spektakuler. Tak luput prajuritnya Zwarte Piet yang selalu setia mendampingi Sinterklas.

 

Zwarte Piet di Belanda

Zwarte Piet berasal dari Bahasa Belanda, bermakna seorang lelaki muda berkulit hitam.

Kedatangan Sinterklaas di dampingi oleh para prajurit-prajuritnya, Zwarte piet, begitu warga Belanda menyebutnya.

Perjalanan Sinterklas dan Zwarte Piet sebenarnya sangat panjang. Mereka datang dari Spanyol sampai ke Belanda dengan transportasi perahu bermotor. Setelah kunjungannya berakhir, mereka pun harus balik lagi dari Belanda ke Spanyol dengan perahu motor yang sama.

sinterklas2

 

Benarkah  Sinterklaas dan prajurit-prajuritnya Zwartepiet dateng dari Spanyol ke Belanda, dengan mengendarai perahu?

Dan berapa lama pula perjalanan yang harus mereka tempuh dari Belanda ke Spanyol dengan perahu bermotor ini?

Dongeng “lama” ini semata-mata ditujukan buat anak-anak saja. Yang orang tua selalu mendongengi mereka bahwa Sinterklas dan Zwarte Piet datang dari Spanyol ke Belanda, dengan kendaraan perahu bermotor.

Kegembiraan anak-anak senang bukan kepalang. Apalagi jika mereka berkesempatan bersalaman dengan Sinterklas langsung. Kadang kala Sinterklas memberikan kado buat mereka. Terharu sekali, sewaktu aku menyaksikan kegirangan anak-anak pada saat kedatangan Sinterklas dan Zwarte Piet.

Hingga saat ini, kebiasaan tahunan di jadikan satu tradisi di negara Belanda.

Dan perayaan hari Natal atau kedatangan Sinterklas dan Zwarte Piet bukan hanya di kota Utrecht aja, tapi, di seluruh kota dan propinsi di Belanda. Yang kebetulan sedang berkunjung ke kota Amsterdam, siapa tau bisa sekalian jelajah provinsi Noord-Holland atau provinsi Belanda-Utara, provinsi dimana kota Amsterdam berada. Tentu lanjut lagi ke negara-negara Eropa lainnya – liburan Eropa.

 
Baca juga:

 

 

Pepernoten

Selainn keju, kincir angin, sepatu kayu klompen, tulip, tentu juga pepernoten menjadi bahan perbincangan di Belanda. Pepernoten adalah sejenis kue kering berwarna coklat, dengan rasa kayumanis. Kue kering ini sering di jumpai pada bulan Desember, atau bulan menjelang hari Natal. Pepernoten ini adalah kuliner kue kering cirikhas Belanda.

Selain

Pepernoten biasanya dibagi-bagikan olah Zwarte piet. Kata Pepernoten berasal dari Bahasa Belanda, yang artinya  kue kering bulat rasa kayu manis.

 

Orang tua memesan atau mengundang Sinterklas dan Zwarte Piet untuk datang ke rumahnya

Sudah sangat biasa di Belanda, orang tua memesan atau mengundang seorang Sinterklas dan Zwarte Piet untuk datang ke rumahnya. Bertujuan untuk menyenagi anak-anaknya. Kado-kado yang sudah di persiapkan oleh orang tua dari anak-anak mereka, siap di serahkan ke Sinterklas dan Zwarte Piet. Yang kemudian kado-kado itu di berikan kapada anak-anak mereka.

Tentu saja, mengundang Sinterklas dan Zwarte Piet ke rumah harus ada bayarannya. Foto di bawah ini adalah fotoku bersama Sinterklas dan Zwarte Piet, sewaktu aku dapat undangan dari seorang teman, yang mereka mengundang Sinterklas dan Zwarte Piet datang ke rumahnya.

 

Beginilah sekelumit kisah tentang tradisi Sinterklas dan prajuritnya si Zwarte Piet.

Selain postingan ada di Blog, aku juga mempostingnya di group Tour Leader Club (TLC). Yuk, simak apa kata teman-temang ngenai dongen Sinterklas dan Zwarte Piet. 😉

Jika ingin melihat lebih tentang koleksi foto-fotonya, bisa cek di Facebook 2013-Sinterklaas Utrecht, the NL. Koleksi foto-foto ini aku ambil di tahun 2013, di kota Utrecht.

 

Cuaca Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

 

 

Media Sosial IndoHolland Tours

 

YouTube

 

 

Instagram

 

 

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)

Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

 

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

 

Baiklah, siapa tau, artikel “Menjelang Hari Natal di Belanda” berguna.
Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

 

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG

 

 

 

 

 

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

2 replies »

    • wahhh.. kalau bulan-bulan desember, karna hari Natal gini, mang banyak pepernoten dimana2, malah sering dapet gratis2 dari toko2..;-)
      Rasanya, yah rasa kayu manis di campur pedes merica gitu 😉

      Like

Leave a Comments