TRADISI HIDUP DI BELANDA

Mengendarai sepeda motor tanpa helm, ternyata boleh di Belanda | ellyafriani.blog


Indohollandtours.blog – Mengendarai sepeda motor tanpa helm di Belanda, ternyata di perbolehkan. Negara Eropa terkenal dengan disiplin lalu lintasnya yang streng, kok boleh gak pake helm. Yuk liburan ke Belanda.

Enggak satu-dua teman-teman dari Indonesia, yang menegur saya, karena tidak pakai pengaman tutup kepala atau Helm, saat mengendarai sepeda motor.

scooter di belanda

liburan eropa naik sepeda motor

Naik sepeda motor di Belanda, tanpa helm

 

Nah, di bawah ini saya akan jabarkan jenis sepeda motor yang di perbolehkan tanpa Helm.

 

Sepeda motor dayung/ tanpa dayung dengan kecepatan 25 km per jam

Scooter, snorfiets, snorscooter ketiga ini memiliki arti yang sama. Kata ini berasal dari Bahasa Belanda yang artinya Sepeda motor biasa, sepeda motor dayung yang menggunakan motor sebagai alat penggerak (tidak perlu mendayung). Untuk kategori sepeda motor ini diizinkan tidak menggunakan pengaman tutup kepala atau Helm. Sepeda motor jenis ini memiliki kecepatan maksimum 25 km per jam.

 

 

Untuk sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam harus berjalan di jalur sepeda. Karena jenis sepeda motor ini sudah masuk dalam kategori sepeda, hanya ia memiliki motor sebagai alat penggeraknya.

Dan, untuk membedakan mana sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam, dan mana sepeda motor dengan kecepatan 45 km jam, dapat di lihat pada plat warna nomor kendaraan.

Plat warna motor dengan kecepatan 25 km per jam, memiliki plat kendaraan warna biru.

Foto motor plat biru di ambil dari Google. 

 

Jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) di Belanda 

Siapa yang di izinkan mengendarai sepeda motor ini? Bagi yang berumur diatas 16 tahun dan memiliki SIM mobil (SIM B), atau memiliki SIM Sepeda motor (SIM A).

 

Bromscooter atau sepeda motor dengan kecepatan 45 km per jam

Kendaraan bermotor diatas 45 km per jam ini WAJIB menggunakan pengaman tutup kepala atau Helm. Dan pengendara tidak diizinkan berjalan di jalur sepeda. Namun, harus berjalan di jalur yang sudah ditentukan. Terkecuali adanya tautan yang membolehkan.

Untuk membedakan mana sepeda motor dengan kecepatan 25 km jam, dan mana sepeda motor dengan kecepatan 45 km per jam, dapat di lihat pada plat warna nomor kendaraan.

Plat warna motor dengan kecepatan 45 km per jam, memiliki plat kendaraan warna kuning.

Siapa yang di izinkan mengendarai sepeda motor ini? Bagi yang berumur diatas 16 tahun dan memiliki SIM mobil (SIM B), atau memiliki SIM Sepeda motor (SIM A).

Tidak sedikit wisatawan lokal yang datang ke kota-kota “turis” di Belanda, dan menyewa jenis sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam. Dengan mengendarai sepeda motor ini wisatawan dapat mengunjungi banyak tempat-tempat wisata dalam satu hari. Apalagi kalau musim panas tiba, lebih asyik berkendara dengan sepeda motor.

 
Baca juga:

Kebetulan, aku juga memiliki jenis sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam. Bagi kamu yang suka berkendara sepeda motor, mari kita jalan-jalan keliling kota dengan sepeda motor, serasa di Indonesia ;-). Mau lihat VLOG sewaktu berkendaraan dengan sepeda motor? Silahkan cek di Facebook berkendaraan sepeda motor tanpa helm. Enjoy watching it! 😉

Foto motor plat kuning di ambil dari Google. 

sepeda motor belanda

 

baca juga:

Jalan-jalan ke kota Utrecht di Belanda

 

Minuman alkohol!

Jangan main-main dengan minuman mengandung alkohol. Terutama saat berkendaraan. Ini dilarang keras di Belanda. Bagi yang melanggarnya, akan dikenakan sangsi yang enggak enak di dengar. Makanya, sebelum berkendara dengan jenis kendaraan apapun, JAUHKAN minuman beralkohol. Toh, penasaran ingin mengetahui seberapa banyak boleh mengkonsumsi? Silahkan di tanya dulu pada instansi yang bersangkutan.

Sumber: Foto sepeda motor plat warna kuning dan warna biru diambil dari Google.

 

Cuaca di Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

 

 

Media Sosial IndoHolland Tours

 

Video

 

 

Instagram

 

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)

Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

 

 

 

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

 

Baiklah, siapa tau, artikel “Mengendarai sepeda motor tanpa helm, ternyata boleh di Belanda” berguna.

Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

 

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG

 

 

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

 

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

Leave a Comments