Overijssel

Giethoorn: Desa tua dan perahunya sebagai alat transportasi | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog- Pernah dengar nama kota Venice di Italia? Kota untuk berbulan madu, begitu persepsi banyak orang. Enggak usah jauh-jauh, objek wisata Giethoorn di Belanda, juga gak jauh beda sama Venice.

Di ujung utara propinsi Overijssel, tepatnya di tengah cagar alam yang dikenal De Wieden dan De Weerribben, disanalah letaal desa Giethoorn. Ciri khas desa ini adalah banyaknya kanal, jembatan kayu yang khas, serta pondok-pondok pertanian dengan atap jerami.

Keindahan alam di sekitarnya memang begitu damai dan tenang. Selain “Little Venice’, tempat ini juga biasa di panggil ‘Green Venice’. Karena hijaunya alam dan sekitarnya.

giethoorFEATURED

Giethoorn cocok untuk liburan semua usia, baik tua maupun muda. Bagi pecinta berjalan kaki, bersepeda, berperahu maka tempat ini cocok buat kamu, apalagi para pecinta pedesaan.

Menurut informasi dari brosur, bahwa desa ini adalah sebuah desa kecil, yang terletak di propinsi Overijssel. Desa Giethoorn memiliki kurang dari 3000 penduduk.

Sepanjang desa Giethoorn, ditepi kanal di dereti dengan rumah-rumah petani bangunan abad ke-18 dan ke-19.

giet2

Secuil sejarah Giethoorn Belanda 

Sejarah singkat yang saya rangkum melalui web. Konon, penghuni pertama di wilayah ini adalah para pengungsi dari wilayah Mediterania. Mereka menetap di sini yang kemudian memulai dengan bercocok tanam dengan tanah yang ada.

Sedangkan di masa lalu, perahu digunakan untuk mengangkut gambut, yaitu tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang setengah membusuk. Namun, meskipun gambut sekarang tidak lagi digali, kapal masih merupakan bentuk transportasi umum di wilayah ini. Hingga kini, mereka masih membawa ternak ke padang rumput dan membawa jerami untuk musim dingin, dengan kapal perahu.

Alat transportasi penduduk desa sini pada umumnya adalah kapal perahu. Namun, kapal perahu sekarang sudah di modifikasi. Tidak seperti kapal perahu di masa lulu, yang kapal perahunya masih sangat tradisi, masih ndayung, belum pake mesin seperti sekarang.

Pada tahun 1958 seorang Direktur pembuatan film, Bert Haanstra asal Belanda membuat film komedi yang berjudul Fanfare. Kalau mau nonton film Youtubenya ada disini. Durasi film diputar sekitar 1:22:50 jam. Desa Giethoorn ini menjadi sangat terkenal di Belanda, sejak kesuksesan film komedi beliau.

 

Restoran Asia Belanda
giet4

Tiket perahu terbuka di Giethoorn 

Di Giethoorn ada dua jenis perahu, yaitu perahu terbuka, dan perahu tertutup. Perahu terbuka. Kelebihannya lebih asik, tapi kalau hujan atau cuaca buruk, akan basah dan kedinginan. Tarif perahu terbuka ini adalah 25, – / jam. Terserah mau ambil berapa jam. Kalau mau berfoto-ria, terus bisa ngliat semua desa-desa, termasuk kotanya, minimal ambil 2 jam. Menurut saya, kalau ambil yang 1 jam terlalu sedikit, waktunya mepet untuk bisa mencakup semua desa-desanya. Memang, tarif perahu terbuka ini agak mahalan dibandingkan perahu yang tertutup. Dan ribetnya, perahu terbuka ini harus nyetir sendiri.

Tiket Perahu tertutup di Giethoorn  

Menurut saya, perahu tertutup lebih asik, gak ribet harus setir sendiri. Dalam 1 jam, kamu sudah jelajah desa-desa yang ada di Giethoorn Belanda.

Nikmatilah perjalanan selama berperahu dari desa ke desa, yang (dapat) melewati 180 titi-titi (jembatan).

Kalau mau benar-benar menikmati keasrian desa ini, di sarankan datang pada waktu musim panas, atau sekitar bulan April-Agustus.

Nginep di  Giethoorn

Tak perlu khawatir untuk cari makanan Asia, karna Giethoorn punya restoran Asia yang punya menu khas Asia, dan rasanya yummy… .

Giethoorn Belanda
Restoran Asia di Giethoorn Belanda | IndoHolland Tours

Paket Wisata Giethoorn Belanda

Kami IndoHolland Tours  juga menyediakan paket wisata untuk berkunjung ke Giethoorn Belanda.
Coba simak variasi rute dibawah ini:

FULL-DAY TOUR | Paket Wisata Belanda Kanal Giethoorn + Apeldoorn

Tentu masih banyak lagi. Silahkan periksa situs resminya di IndoHolland Tours 

Giethoorn
Liburan ke Giethoorn Eropa Barat | IndoHolland Tours

Angkutan umum Belanda

Angkutan umum di Belanda, memang tak dapat di prediksi. Apalagi ada hujan, angin tak enak, cuaca buruk, di tamabah ada demo, yang sehingga mengakibatkan semua angkutan umum tak beroperasi.

Baca juga: Angkutan umum di Belanda tak dapat di prediksi

Toh, mau naik angkutan umum. Saya yakin, naik angkutan umum lokal selama berlibur di negara tersebut, pasti membawa kesan “lain daripada yang lain”, yang selain itu, biaya murah pula.

Nah, ini mungkin cocok buat para backpacker.

Jarak tempuh dari kota Amsterdam menuju ke desa Giethoorn akan memakan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan. Dan, tentu jika naik kendaraan umum akan memakan waktu lebih lama.
Belanda punya satu situs resmi yang bisa membawa kamu kemari dengan kendaraan umum, coba cek situs berbahasa Inggris di 9292ov – jadwal kebrangkatan sehari-hari angkutan umum di Belanda.

 

Ingin lihat koleksi foto tentang desa Giethoorn? Cek di Fanspage EP Travel Blogger – Desa Tua Giethoorn, the NL.

Informasi umum tentang Belanda 

Informasi umum

Siapa tau, artikel diatas bermaanfaat. Selamat berpetualang!

http://www.indohollandtours.com

BLOG
www.ellyafriani.blog

Sumber: Dikutip lewat brosur wisata Giethoorn Belanda

Satu Perjalanan Dua Budaya
Menghubungkan Budaya Indonesia dan Budaya Belanda
Liburan ke Belanda Bersama IndoHolland Tours

 

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

7 replies »

  1. mbak elly,
    apakah memungkinkan stay di giethoorn lebih dari 1 hari?
    hotel dan restaurant apa yang recommended disana?

    selain berwisata sepeda dan perahu, tempat wisata apa lagi yang ada di giethoorn?

    thanks.
    salam, Lusia.

    Like

  2. Tapi untuk beli tiket transportasi bisa per trip bukan mba? Jd ngga hrus pake OV kaart. Apa gimana baiknya? Karena kalo pake OV kan uangnya ketahan 7.5 euro lumayan

    Beli tiket transport ke giethoorn dan volendam hrus jauh2 hari apa bisa on the spot dgn harga sama?

    Liked by 1 person

  3. Mba sy tgl 12 april mau sedang di amsterdam apakah memungkinkan ke giethoorn dlm wktu setengah hari? Pesawat sy baru landing jam 1..Sy pengen bgt ke sna mba tp waktunya mepet:(

    Liked by 1 person

    • hello swan, kalo kamu tiba di schiphol jam 1 Siang, trus mo langsung ke Giethoorn waktunya gak cukup.
      Dari Schiphol ke Giethoorn uda makan hampir 2,5 jam. Jam buka Giethoorn juga sampe jam 6 sore utk mau naik boat, gak bisa swan. ;-(

      Like

    • Hello margaretha, kenapa kamu gak bisa balas kemari ya?
      ini aq copas pesan kamu “kalau ngga bisa besok nya tanggal 13 april mungkin bisa ya:) jadi hari pertama, volendam,marken,edam, hari kedua paginya ke zaanse schans, siangnya ke giethoorn sampe sore”. begini bisa tapi tergantung berapa lama kita ada di zaanse schaans. Karena di dari zaanse ke giethoorn makan waktu sekitar 2,5 jam.
      Liat info ttg jadwal angkutan umum juga disini https://ellyprachtig.blog/2017/03/15/kartu-ov-dipakai-sebagai-alat-bayar-angkutan-umum/

      Like

Leave a Comments