Eropa Barat

Kunjungi kota Hasselt di Belanda, Hasselt Belgia, lanjut ke Hallstatt Austria | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog – Kota Hasselt adalah salah satu kota di Kota Hansa, Belanda. Hasselt biasa di sebut tempat wisata religi atau pilgrimage place. Jika lanjut liburan Eropa, dari Hasselt Belanda, Belgia, ke Hallstatt Austria memakan waktu lebih kurang 10 jam.

Kota Hansa Belanda

Pernah kah dengar nama Kota Hansa?

Ada 9 unik kota-kota yang termasuk di dalam Kota Hansa atau Hanseatic Cities. Di ke-9 kota-kota ini terdapat banyak tempat bersejarah dan budaya.

Daftar berikut dibawah ini adalah, 9 nama kota-kota yang termasuk dalam Kota Hansa atau Hanseatic Cities:

  1. Doesburg
  2. Zutphen
  3. Deventer
  4. Hattem
  5. Zwolle
  6. Hasselt
  7. Kampen
  8. Elburg
  9. dan Harderwijk

Jalan-jalan di pusat kota-kota tersebut sangat menyenangkan. Jalan-jalanannya bagaikan koridor gang yang sangat ramping, ditambah suara aliran air Sungai Ijssel, pohon-pohon hijau disekitar, dan rumah-rumah warga yang begitu tradisional. Semua ini membuat suasana semakin terasa di sebuah pedesaan nan asri. Uniknya, ke-9 kota-kota tersebut punya ciri-ciri yang kota lain tidak memilikinya.

Jika menginap di salah kota di Kota Hansa, tak terasa, waktu akan berlalu begitu cepat.

Apa sih uniknya dari ke-9 kota-kota tersebut diatas?

Pada era Hansa (Abad Pertengahan) kota Amsterdam hanyalah sebuah desa, sedangkan kota Hansa adalah kota yang paling kuat, berkuasa serta memiliki bangunan-bangunan indah.

Sekilas tentang ulasan singkat dari ke-9 kota-kota yang ada di dalam Kota Hansa, yaitu: 

1. Doesburg

Restoran (Grand-café de Waag) terletak di Doesburg, adalah pub tertua di Belanda. Dan pub ini berasal dari masa era Hansa. Hingga kini, pub menjadi sebuah restoran yang bisa dikunjungi, seperti lazimnya orang masuk restoran/café, bisa pesan makanan dan minuman. Selain itu, Doesburg terkenal dengan rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi atau mustard. Jika kamu ingin lebih mengenal tentang mustard, bisa mengunjungi Museum Mustard yang terletak di sekitar pusat kota Doesburg.

Doesburg Belanda 2019

De Waag – Pub tertua di Belanda.
Wisata Belanda: Mengunjungi kota Doesburg, Kota Hansa bersama IndoHolland Tours

2. Zutphen 

Sedangkan di kota Zutphen, terdapat sebuah perpustakaan, dimana ia adalah Perpustakaan tertua di Belanda.
Selain Roermond, kota Zutphen juga boleh dikatakan syurga buat para pecinta shopping. Bagi si pemburu barang-barang bermerek, ori, nah disini tempatnya. Toko dan butik-butik dikota ini sudah terkenal sejak Abad Pertengahan hingga kini.

Zutphen Belanda 2019

Wisata Belanda: mengunjungi kota Zutphen Belanda, bersama IndoHolland Tours

Zutphen Belanda 2020

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Zutphen, Kota Hansa bersama IndoHolland Tours

zutphen Belanda 2019

Wisata Belanda: Menulesuri lorong-lorong kota Zutphen bersama IndoHolland Tours

3. Deventer

Kota terkenal dengan kota event. Hampir setiap bulan kota ini menyelenggarakan beragam acara. Acara Pasar Buku tahunan dan festival Dickens adalah momen yang paling ramai dan menarik perhatian banyak pengunjung.

Selain itu, uniknya, kota Deventer diapit oleh dua tepi Sungai Ijssel. Dimana Sungai Ijssel adalah sungai terbesar di Belanda.

Jika ingin menikmati keindahan panorama kota Deventer dengan Gereja Lebuinis serta dermaga Sungai Ijssel, maka berdirilah di koridor jembatan. Di kota ini terdapat sebuah jembatan penghubung dari Deventer Seberang menuju ke pusat kota tua Deventer. Selain jalan kaki, bisa juga menggunakan feri apabila mau ke Deventer Seberang dan balik lagi ke pusat kota tua. Di pusat kota Deventer terdapat sebuah de Waag tertua Belanda. De Waag maksudnya, sebuah gedung yang digunakan sebagai Museum Sejarah Kota.

Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Deventer, Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Sungai Ijssel di Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Deventer, Kota Hansa bersama IndoHolland Tours

Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: naik kapal feri menuju Deventer Seberang bersama IndoHolland Tours

Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: naik kapal feri di kota Deventer, Kota Hansa bersama IndoHolland Tours

De Waag Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi De Waag di Deventer Belanda, bersama IndoHolland Tours

Kota Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: mengunjung pusat kota tua di Deventer Belanda, bersama IndoHolland Tours

Deventer Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi pusat kota tua di Deventer Belanda bersama IndoHolland Tours

4. Hattem

Kota Hattem berada di Veluwe dan di tepi Sungai Ijssel. Di Veluwe terdapat sebuah Taman Nasional Veluwezoom – hutan seluas 5.100 hektar. Taman Nasional ini adalah salah satu cagar alam terbesar di Belanda, sangat di lindungi. Di dalam Taman Nasional bisa melihat taman gundukan Skotlandia, babi hutan, musang, rusa merah dsb.

Selain kota Hattem yang fotogenik, kota telah menjadi sumber inspirasi bagi pelukis selama berabad-abad. Pada masa Abad Pertengahan Kota Hattem sangat berkembang. Makanya saat itu kota melindungi diri dan barang-barangnya sangat hati-hati. Di dalam kota ini masih ada sisa benteng kota yang terselamatkan, yaitu benteng Dijkpoort abad ke-14.

Hattem Belanda 2019

Wisata Belanda: mengunjungi Hattem, Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Liburan ke Hattem Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Hattem, Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Hattem Belanda 2019

Wisata Belanda: Pesona kota Hattem bersama IndoHolland Tours

Hattem, Belaandaa 2019

Wisata Belanda: mengunjungi Anton Piek Museum, di kota Hattem, tur bersama IndoHolland Tours

5. Zwolle

Selain Zwolle kota Hansa atau Hanseatic city, kota ini juga sering disebut kota pelajar. Dan landmark Museum de Fundatie adalah salah satu kebanggan kota Zwolle. Eksteriror museum begitu mempesona, sangat eye-catcher. Mata tak langsung berkedip jika melihat bangunan gedung dari luar. Secara teratur, museum ini menyelenggarakan pameran-pameran yang sedang uptodate dari kota Zwolle.

Selain itu, bagi kamu para pecinta bersampan dan bersepeda, kota Zwolle adalah tempat wisata yang tepat untuk melakukan kegiatan ini, terutama jika di musim panas.

Zwolle Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi Museum de Fundatie bersama IndoHolland Tours

Zwolle Belanda 2019

Wisata Belanda: Jelajah kota Zwolle dan bersampan ria, tur bersama IndoHolland Tours

Zwolle Belanda 2019

Wisata Belanda: Pesona Kota Zwolle Belanda. Tur bersama IndoHolland Tours

Zwolle Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi pusat kota Zwolle di Kota Hansa bersama IndoHolland Tours

6. Hasselt

Kembali ke judul Kunjungi kota Hasselt di Belanda, Hasselt Belgia, lanjut ke Hallstatt Austria”. Awalnya, artikel ini ditulis karena ingin memulai cerita siapa kota Hasselt. Karena kota Hasselt terdapat di beberapa negara, yaitu di negara Belanda dan di Belgia.

 

Ada apa di kota Hasselt Belanda?

Kota Hasselt Belanda memiliki atmosfir keagamaan, berdasarkan atmosfir ini, maka kota biasa dipanggil kota religi atau pilgrimage place. Bagi kamu ingin melakukan jalan-kaki seperti peziarah tradisional, maka kota Hasselt adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi, karena kota punya rute ziarah.

Anna van der Breggen adalah pemenang Juara Olimpiade, ia lahir dan besar dikota Hasselt. Hingga kini, Anna van der Breggen masih berlatih untuk kompetisi di kota Hasselt.

Hasselt Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota religi di Hasselt, Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Hasselt Pilgrim Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota religions Hasselt Belanda bersama IndoHolland Tours

Hasselt Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota keagamaaû Hasselt, di Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

Hasselt Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota religi Hasselt, di Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Hasselt Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota keagamaan di Hasselt, Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

Lalu, ada apa pula di kota Hasselt Belgia?

Di propinsi Limburg negara Belgia, terletak kota Hasselt. Kota ini memiliki Taman Nasional Jepang atau Japanese Garden. Taman Jepang ini adalah Taman terbesar di Eropa.
Bagi pecinta negeri sakura, rasa Eropa, bisa singgah ke kota Hasselt Belgia, setelah perjalanan dari kota Hasselt Belanda.

7. Kampen

Kota Kampen terletak di tepi Sungai Ijssel. Sejak Abad ke-13 kota sangat makmur dan kuat. Kota selalu disibuki dengan beragam aktivitas, seperti nelayan, pengrajin, serta berdagang. Kota termasuk dalam daftar Kota Hansa atau Hanseatic City, yang terkenal dengan cerutu dan Kamper Kogge (Kapal Kargo).

Kapal Kargo Zwarte Dame asal Kampen merupakan sebuah kapal tertua di Belanda. Kapal berwarna coklat tua terbuat dari kayu oak dan kokoh ini dapat mengangkut kargo dalam jumlah antara 60-80 ton. Antara tahun 1200 dan 1500, ada sekitar ratusan kapal berlayar di rute perdagangan laut Baltik dan Eropa Utara. Maka itu, pada era Abad Pertengahan merupakan hubungan penting, bagi sesama anggota yang bersatu dalam Liga Hanseatic.

Selain itu, kota terkenal dengan cerutunya. Hingga kini, sebuah Pabrik Cerutu De Olifant di Kampen masih membuat 80.000 cerutu setiap minggunya.

Dinas Pariwisata lokal mengadakan wisata Kamper Kogge. Wisata berupa acara berlayar dengan Kapal Kargo atau Kamper Kogge. Kegiatan wisata ini dibuka untuk wisatawan sejak tahun 1994. Tentu Kapal Kargo di rekonstruksi ala Abad Pertengahan, namun nyaman selama melakukan perjalanan.

Bagi pecinta negeri kincir angin, ingin berwisata dengan berlayar ala-ala “Abad Pertengahan”, dapat menghubungi kami Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours. Pemiliknya BPW IndoHolland Tours adalah asli orang Indonesia, yang sudah tinggal di Belanda lebih dari 15 tahun.

Kota Kampen salah satu kota favorit saya di Belanda. 😉

Kampen Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Kampen Belanda bersama IndoHolland Tours

Kampen Belanda 2019

Wisata Beland: kanal tur di kota Kampen Belanda, bersama IndoHolland Tours

Kampen Belanda 2019

Wisata Belanda: Ikut kanal tur di Kampen, Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Kampen Belanda 2019

Wisata Belanda: Ikut kanal tur di Kampen Belanda bersama IndoHolland Tours

Kampen Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi pusat kota Kampen Belanda di Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

Kampen Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi pusat kota Kampen di Kota Hansa Belanda bersama IndoHolland Tours

Kampen Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi pusat kota Kampen di Kota Hansa bersama IndoHolland Tours

8. Elburg

Kota Elburg yang masuk ke dalam daftar Kota Hansa atau Hanseatic City. Kota kecil namun ia sangat menawan. Hampir tidak mungkin tersesaat dikota ini, karena tata kota “mantan kota Nelayan di Abad Pertengahan” ini telah dirancang sangat rapi. Kota Elburg masih menampilkan aura “Desa Nelayan”, ini bisa dilihat dari rumah asap ikan belut yang berada ditengah kota.
Kabarnya, keluarga Deetman memiliki usaha sebagai pemasok tali, untuk keperluan para petani dan pelayan. Yang usaha ini telah ada, sejak awal abad ke-18. Dimana usahanya semakin hari semakin maju dan pesat. Dan pemrosesan produk hampir tidak berubah selama berabad-abad.

Elburg Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Elburg di Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

Elburg Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota nelayan Elburg di Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

Elburg Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Nelayan Elburg di Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

Elburg Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota Elburg, kota nelayan Belanda, bersama IndoHolland Tours

Elburg Belanda 2019

Wisata Belanda: Mengunjungi kota nelayan Elburg, di Kota Hansa Belanda, bersama IndoHolland Tours

9. dan Harderwijk

Wisata Kuliner. Bagi para pecinta Wisata Kuliner yang “Status Star Menjadi Prioritas”, maka Harderwijk adalah kota yang tepat! Saya yakin, setelah meninggalkan kota ini, kamu akan mengatakan “I love Harderwijk” ;-). Kota Harderwijk yang masuk dalam kategori Kota Hansa ini terdapat banyak restoran dan café berbintang lima. Namun, juga banyak restoran sesuai pilihan. Dua dari restoran-restoran tersebut sudah dapat penghargaan Bintang dari Michelin.

Ingin menikmati kuliner di restoran-restoran yang terletak di alun-alun, dan dimanja dengan pemandangan pantai serta semilir angin segar? Datanglah ke kota Harderwijk. Karena tiap hari dan setiap tahun semua restoran disini buka, enggak pandang musim dingin atau musim panas. Restoran buka sepanjang musim.

Selain wisata kuliner, pusat kota tua di Harderwijk juga menawarkan banyak bangunan indah yang menarik dan mempesona, dari masa lalu. Gedung-gedung tua yang penuh budaya dan sejarah. Telusuri lorong-lorong kota satu-per satu, dan kunjungi museum-museumnya.

Terus, apa hubungannya dengan kota Hallstatt di Austria?

Tidak ada. Hanya karena nama kota hampir sama, siapa tau, bagi penggemar negeri kincir angin, bisa mengunjungi kota Hasselt di Belanda. Kemudian melanjutkan perjalanan atau liburan Eropa ke kota Hasselt Belgia. Dan destinasi terakhir berhenti di kota Hallstatt di Austria. Perjalanan dari Hasselt Belgia ke Hallstatt Austria memakan waktu lebih kuraang 10 jam dengan kendaraan darat.

Paket wisata Belanda dan Paket Wisata Eropa

Bagi kamu yang berminat datang ke Belanda, dan tertarik ingin berkunjung ke Kota Hansa, kami IndoHolland Tours menyediakan produknya, silahkan di periksa di situs 4Hari/3Malam Pesona Kota Hansa.

Atau, ingin jelajah kota-kota lain di Belanda? Beragam paket Wisata Belanda dan paket Wisata Eropa tersedia, silahkan diperiksa di situs resminya di IndoHolland Tours

Berharap artikel datas bermanfaat, jika masih ada pertanyaan, tentu bisa kontak saya Elly Afriani dari IndoHolland Tours.

Happy travelling! ^_^

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda dan paket Wisata Eropa. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Eropa, berangkat dari Belanda.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Eropa dari Belanda bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Eropa Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada diIndoHolland Tourskomplit!


Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di
IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

IndoHolland Tours akan mengurus semua paket wisata Belanda. Dan rute berangkat dari Belanda sampai ke destinasi Eropa. Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersamaIndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negara Belanda sudah lebih dari 15 tahun.
Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah
IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

Leave a Comments