TRADISI HIDUP DI BELANDA

Hari Kincir Nasional di Belanda | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog – Setiap tahun pada tanggal 9 s/d 10 Mei, Belanda menyelenggarakan Hari Pabrik Nasional atau Hari Kincir Nasional. Dikarenakan adanya pandemi virus corona (Covid-19) yang juga menyerang negara Belanda, maka Hari Pabrik Nasional telah diputuskan agar dibatalkan atau ditutup.

Masa pandemi Covid di Belanda

Negara Belanda juga punya peraturan semasa pandemi di Belanda seperti negara-negara lain di Eropa. Dan setiap negara tentu punya peraturan masing-masing, yang mana peraturan konstan berubah-ubah.

Paling enggak, teman sudah persiapkan diri, seperti minta info ke Kedutaan Negara yang dikunjungi terkait pandemi.

Kembali ke topik Hari Kincir Nasional

Hari Pabrik Nasional atau Hari Kincir Nasional.

Tujuan kegiatan yang diadakan oleh organisasi atau The Dutch Mills Society yaitu melindungi pabrik serta memberikan nasihat tentang restorasi, pemeliharaan juga pelestarian dari rumah kincir. 

Acara Hari Kincir Nasional atau Hari Pabrik Nasional di adakan setiap tahun, di akhir pekan pada bulan Mei.

Di hari yang penuh edukasi ini, pelancong akan menyaksikan sendiri rumah-rumah kincir  yang didemokan oleh para-para pemilik pabrik atau pemilik rumah kincir. Mereka akan mendemokan keanekaragaman serta masing-masing fungsi rumah-rumah kincir. Secara umum, kincir angin berfungi untuk mengolah seperti tepung, minyak, gandum, kayu, rempah-rempah, cat dan kertas.

Apabila krisis corona usai, usahakan datang berkunjung ke rumah kincir, agar pelancong lebih faham cara kerja mesin penggiling dengan kincir. Rumah kincir  terbuka untuk pengunjung. Kunjungan di Hari Kincir Angin Nasional sangat menyenangkan dan mendidik!

Contoh foto dibawah ini, adalah kincir air bukan kincir angin. Jadi di Belanda ada banyak jenis kincir. Nah, kalau datang ke Hari Pabrik Nasional, pelancong akan lebih faham fungsi mulai dari kincir angin, kincir air dsb. Tapi toh, kincir yang paling sering digunakan adalah kincir angin.

Kincir Belanda di kota Maastricht

Kincir air di kota Maastricht Belanda | IndoHolland Tours

Pentingkah Kincir Angin atau Pabrik ini di Belanda? 

Negara Belanda adalah negara rendah, ia berada dibawah permukaan laut. Makanya, selain pabrik, kincir juga salah satu fungsi ikut berjuang melawan air. Melawan air, agar air tidak naik ke atas yang bisa mengakibatkan negara Belanda tenggelam.

Belanda punya sekitar 1.200 rumah-rumah kincir. Dan hampir semua rumah-rumah kincir ini di buka untuk pengunjung. Mengunjungi pabrik atau rumah kincir angin termasuk dalam kategori wisata edukasi. Makanya tak heran, jika pada Hari Pabrik Nasional Belanda, semua pabrik atau rumah kincir akan selalu dipenuhi pengunjung lokal, maupun pengunjung dari luar Belanda.

Intinya, rumah kincir sangatlah penting bagi Belanda!

Secuil ulasan, kincir angin pertama muncul di Belanda pada abad ke-12. Rumah kincir angin atau pabrik awalnya berfungsi untuk menumbuk gandum yang diproses jadi tepung. Tradisi kuno ini memang tidak memakan biaya, yang juga sangat ramah terhadap lingkungan.

Seiring jalannya teknologi dan kemodrenan zaman, tradisi kuno penggiling gandum pakai mesin kincir tidak lagi dipakai. Hanya sebagian toko roti di beberapa kota yang masih menggunakan penggilingan gandum dengan mesin kincir.

Kincir agin Volendam | IndoHolland Tours

Rumah Kincir di Volendam Belanda | IndoHolland Tours

Propinsi, Kabupaten, dan Daerah lainnya di Belanda

Selain di bulan Mei, acara Hari Kincir Angin ini juga sering di selenggaran oleh Kabupaten-kabupaten serta daerah lainnya. Untuk regional biasanya mereka mengadakan dari bulan Maret hingga November.

Selama Hari Penggilingan atau Hari Pabrik Regional, biasanya ini diselenggarakan gratis atau tanpa ada kutipan biaya masuk untuk pengunjung.

Tentu saja, di acara-acara seperti ini, kegiatan sangat menyenangkan. Ada acara memanggang roti pancake, tur bersepeda, dan kegiatan khusus yang membuat anak-anak riang-gembira.

Volendam Belanda | IndoHolland Tours

Situasi pedesaan di Volendam, sekitar rumah kincir | IndoHolland Tours

Objek wisata Kinderdijk dan Zaanse Schans paling populer, kalau mau liat rumah kincir

Kinderdijk Belanda 

Desa Kinderdijk di propinsi Belanda Selatan memiliki 19 kincir angin otentik dari abad ke-18. Hingga kini, objek wisata kincir angin Kinderdijk semakin hari namanya semakin populer didunia pariwisata. Tak heran, jika namanya sudah tertera dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Kinderdijk, The Netherlands | IndoHolland Tours

Rumah kincir di Kinderdijk Belanda | IndoHolland Tours

Zaanse Shans Belanda 

Konon, di awal abad ke-20 banyak kincir angin yang hilang! Makanya, Zaanse Schans bergegas mengamankan semua pabrik atau rumah-rumah kincir angin di satu tempat. Karena pabrik atau rumah-rumah kincir adalah warisan yang tidak boleh di hapus. Ini harus dapat diperkenalkan ke generasi selanjutnya.

Baca juga: 

Zaanse Schans, The Netherlands | IndoHolland Tours

Tampak rumah-rumah kincir di Zaanse Schans Belanda | IndoHolland Tours

Volendam, the Netherlands

Mengunjungi rumah kincir di Volendam Belanda | IndoHolland Tours

Cuaca Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

Media Sosial IndoHolland Tours

YouTube

Instagram

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).
Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Baiklah, siapa tau, artikel “Hari Kincir Nasional Belanda” berguna.

Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG

 

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

Leave a Comments