Friesland

Jalan-jalan Belanda, inget susu Frisian Flag | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog – Friesland adalah nama sebuah propinsi di Belanda. Lihat bendera Frisia, jadi teringat dengan susu kental manis merek Frisan Flag. Kalau dari Amsterdam ke Friesland, lewat afsluitdijk berdurasi lebih kurang 2 jam naik kendaraan darat.

Bendera Frisia Belanda 

Bendera Frisia adalah bendera resmi propinsi Friesland. Melihat bendera Friesland, tentu jadi teringat sama susu kental manis merek Frisan Flag.

Frisland Belanda Eropa Barat

Bendera Frisia Belanda | IndoHolland Tours

Konon dimasa lalu, ribuan petani di Belanda beroperasi secara mandiri. Mereka mengirimkan susu sapi mereka ke pabrik-pabrik swasta. Yang susu akan di olah menjadi keju atau mentega.

Keju Belanda Eropa Barat

Keju Belanda | IndoHolland Tours

Baca juga: Beragam Keju Belanda, berapa kilo boleh dibawa untuk oleh-oleh?

Alasan perkembangan ekonomi para petani, maka sekelompok petani di propinsi Friesland, enggak lagi beroperasi secara mandiri. Namun mereka ikut bersatu dalam sebuah koperasi, yaitu Royal FrieslandFoods, sebuah koperasi multinasional yang berbasis di Belanda. Kini, koperasi telah digabungkan dengan Friesland Campina. Taukah kamu, kalau Friesland Campina adalah salah satu koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia?

Belanda Eropa Barat

Sapi Belanda | IndoHolland Tours

Belanda Eropa Barat

Sapi Belanda | IndoHolland Tours

Afsluitdijk atau Bendungan Jalan Raya

Apa hubungannya Friesland dengan Afsluitdijk? Afsluitdijk merupakan jalan raya atau jalan lintas utama yang menghubungkan Belanda Utara dengan propinsi Friesland. Jalan raya ini berada diatas bendungan, dimana bendungan berfungsi sebagai penghalang laut untuk melindungi daratan dari banjir.

Belanda Eropa Barat

Afsluitdijk Friesland Belanda | IndoHolland Tours

Friesland Belanda Eropa Barat

Afsluitdijk Friesland Belanda | IndoHolland Tours

Dijk atau Tanggul Belanda 

Dijk atau tanggul juga berfungsi menghalangi gelombang badai agar negara Belanda gak tenggelam. Maka jangan heran, jika berkunjung ke Belanda si negeri kincir angin, disni ada banya tanggul-tanggul.

Belanda Eropa Barat

Tanggul di Afsluitdijk Friesland Belanda | IndoHolland Tours

Belanda Eropa Barat

Tanggul Belanda | IndoHolland Tours

North Sea atau Laut Utara Belanda

Noordzee dalam Bahasa Belanda, atau Laut Utara merupakan salah satu laut paling populer di negara Eropa. Panorama Laut Utara inilah yang membuat propinsi Friesland terkenal.

Ijsselmeer atau Danau Ijsselmeer Belanda 

Danau Ijsselmeer, sebuah danau buatan yang tercipta saat Laut Zuiderzee atau Laut Selatan dibendung dengan diberi tanggul Afsluitdijk di tahun 1932.  Dan Laut Selatan atau Zuiderzee adalah bagian dari proyek Afsluitdijk yang air asin Laut Utara, dirubah menjadi danau air tawar IJsselmeer. Intinya, air asin dirubah menjadi air tawar. Itulah dia, air tawar yang ada di Danau Ijsselmeer.  Ijsselmeer adalah danau terbesar di Belanda.

Ijsselmeer Friesland Nederland

Danau Ijsselmeer Friesland Belanda | IndoHolland Tours

Ijsselmeer Friesland Nederland

Danau Ijsselmeer Friesland Belanda | IndoHolland Tours

Apabila pelancong jalan-jalan ke Belanda, dan ingin tau lebih tentang gambaran siapa negeri kincir angin ini? Maka kunjungilah kota-kota wisata yang ada di propinsi Friesland. Karena selama perjalanan dari Amsterdam menuju Friesland, pelancong akan melalui/mengendarai diatas sebuah bendungan atau Afsluitdijk. Jangan lupa, nikmati panorama indah disebelah kanan dan disebelah kiri. Karna afsluitdijk/bendungan jalan raya yang pelancong sedang lalui,  diapit oleh laut Wadden Sea dan Danau Ijjselmeer. 

Belanda Eropa Barat

Afsluitdijk Friesland Belanda | IndoHolland Tours

Cuaca Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

Peta Belanda

Dibawah ini adalah peta propinsi Friesland, di Belanda. Sengaja saya lingkari Afsluitdijk/Tanggul yang diapit oleh Wadden Sea (sebelah North Sea) dan Danau Ijsselmeer. Perhatikan lingkaran merah dan tanda panahnya:

Sedangkan gambar peta dibawah ini adalah peta propinsi Friesland, yang terletak di bagian Utara, Belanda (lihat lingkaran hijau/ zone hijau):

Media Sosial IndoHolland Tours

YouTube 

Cuplikan singkatnya bisa ditonton di bawah ini, atau di YouTube IndoHolland Tours:

Instagram

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).
Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Baiklah, siapa tau, artikel “Jalan-jalan Belanda, inget susu Frisian Flag” berguna.

Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit.

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

2 replies »

  1. Hai kak. Ini Rahma Frida. Kalau tidak salah, Kakak mengirim email ya? Menanyakan mengapa permintaan gabung ke komunitas Ikatan Kata tidak dapat disetujui. Maaf Kak, setelah admin cek, belum ada registrasi yang berhasil. Mohon registrasi kembali ya Kak. Terima kasih banyak.

    Like

Leave a Comments