Noord-Holland

Kunjungi 8 tempat wisata di Belanda-Utara, kalo punya waktu cuma 4 hari | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog –  Liburan ke Belanda kunjungi propinsi North-Holland di Eropa Barat. Tempat wisata atau tempat rekreasi propinsi ini tak ramai wisatawan. Pesona alam Belanda-Utara inilah cocok untuk keluarga, nyaman dan adem.

Ketika itu, panas terik matahari tak jauh dari 30 derajat celsius. Seperti biasa menurut pengalaman saya jika di musim panas di Belanda, mataharinya aduh puanas bukan kepalang. Terkadang, malah terasa lebih panas dari Indonesia. Sehingga mesin pendingin atu airco tak lagi terasa dingin. Tapi memang harus di nikmati cuaca seperti ini, artinya jangan mengeluh karena kepanasan.

Karena, musim panas di Belanda tak sampai berbulan-bulan. Paling banter 3 bulan, tapi, curahan matahari yang kinclong paling cuma nongol beberapa minggu, bahkan bisa cuma hanya beberapa hari saja. Makanya, apapun cuaca sekarang, cuaca hari ini, ataupun cuaca besok, bagaimanapun kondisi cuacanya tetap harus dinikmati. 😉

Nah, siang itu, pesona alam propinsi Belanda-Utara tampak mempesona. Seperti biasa, saya pun jelajah propinsi Belanda-Utara satu persatu.

 

Telusuri per propinsi

Kenapa saya lebih suka telusuri tempat wisata per propinsi?

Karna gak banyak makan waktu. Dari satu kota ke kota lain, perjalanan paling cuma lebih kurang 30 menit hingga 1 jam, saya sudah tiba di tempat wisata tersebut. Artinya, dalam 1 hari bisa telusuri lebih dari 3 tempat wisata. Inilah yang membuat saya lebih suka jelajah per propinsi.

Ambil 1 propinsi, adalah efektif dan efisien, ini menurut saya.

Sekilas tentang hobi mbaca saya, terutama di dunia pariwisata, seperti misalnya pengetahuan tentang satu tempat wisata, tempat rekreasi, sejarah gedung, kuliner atau makanan khas daerah.

Sebelum saya berangkat ke tempat satu tujuan wisata, tentu saya sudah tulis di secarik kertas “daftar tujuan wisata”. Dan cek “gambar”, adalah prioritas saya terlebih dahulu. Karena tanpa gambar, daftar saya rasanya kurang komplit. Makanya saya selalu cek gambar dulu sebelum kunjungi tempat wisata tersebut. Semua tau dong, informasi gambar wisata tersedia banyak di web dan buku-buku.

Nah, melalui gambar saya tertarik. Langsung, saya catat kegiatan apa saja yg saya akan lakukan nantinya setiba saya di tempat wisata tersebut.

 

Kantor Informasi Turis

Setiba saya di tujuan wisata tersebut, kantor yang paling utama saya kunjungi adalah Tourist Information Centre atau Kantor Informasi Turis. Sepengalaman saya, hanya di Kantor Informasi Turis yang informasinya uptodate, terkait tempat wisata setempat. Begitu tiba di Kantor Informasi Turis, saya kumpulin brosur menyangkut tempat wisata sekitar, dan berdasarkan brosur-brosur inilah, nantinya saya bisa cerita di Blog, ada sejarah apa, gedung apa, makanan khas daerah dan lain sebagainya.

Baca juga:

Tempat Wisata Terpopuler di Provinsi Nooord-Holland

 

Lantas, mana Daftar Tujuan Wisata yang saya sudah tulis tadi?

Ini dia, Daftar Tujuan Wisata lengkap dengan gambar pesona alam propinsi Belanda-Utara, yang tampak adem dan asri. 😉

.

#1 Broek in Waterland

Broek in Land adalah nama sebuah kota. Kota terletak di provinsi Noord-Holland di Belanda. Kota ini adalah sebuah kota kecil dengan jumlah penduduk tak kurang dari 3000 jiwa, menurut angka statistik di tahun 2020.

Terus terang, saya senang sekali jalan jalan ke kota ini. Kota ini tak jauh dari Amsterdam, juga tak jauh dari Volendam. Dimana kedua kota adalah tempat wisata populer lagi menarik. Pesona alam kota sekitar sangat adem dan asri. Kicauan burung dan suara gemercik air dari kanal khas Belanda membuat mata saya jadi manja. Apalagi ikut kegiatan naik sampan, telusuri lorong kota dengan sampan. Wah! Liburan luar negeri semakin mengesankan! Ditambah masyarakat lokal ramah pulak, jika mereka di mintai tolong untuk ambil gambar.

Pokoknya, gambar pemandangan di kota Broek in Waterland pasti akan menghasilkan gambar keren!

Visit Holland

Rumah dan sampan deket kanal, Broek in Waterland, Belanda

 

Visit Broek in Waterland, North-Holland

Rumah-rumah indah dan sampannya di Broek in Waterland

 

#2 Schermerhorn

Nah, kali ini masih telusuri desa di provinsi Belanda-Utara, Belanda. Desa yang memiliki jumlah penduduk tak kurang dari 1500 jiwa, menurut angka statistik tahun 2020.

Nah, tempat wisata ini ada sebuah Rumah Kincir Angin khas Belanda banget!

Sewaktu saya masuk ke Rumah Kincir Angin ini, yang saya inget, masuk rumah tradisi di Indonesia. Saya inget waktu perjalanan saya ke Danau Toba, di pulau Samosir terdapat banyak rumah warga bentuk rumah tradisional. Nah, masuk ke dalam Rumah Kincir Angin ini mengigatkan saya dengan rumah tradisional atau rumah adat di Indonesia.

Belanda juga punya adat-istiadat serta kebiasaan, seperti adat dan budaya lainnya, tapi tidak kental seperti adat dan budaya kita di Indonesia.

Baca juga: Rumah Kincir Angin di Schermerhorn

schermerhorn-belanda-indoholland-tourscom45

Schermerhorn pabrik kincir angin

Isi Rumah Kincir Angin Belanda | IndoHolland Tours

 

#3 Alkmaar

Alkmaar merupakan salah satu kota terindah di Belanda. Keju Edam dan jenis keju lainnya bisa di dapatkan di Pasar Keju di kota Alkmaar. Pasar Keju ini merupakan atraksi turis yang ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan.

Aalkmaar Holland

Kota keju di Alkmaar | IndoHolland Tours

 

Keju

Siapa sih yang gak kenal keju asal Belanda? Atau “Keju Belanda” kata banyak orang.

Baca juga: Pasar Keju Terkenal di Dunia, Alkmaar, Belanda

 

#4 Broek op Langedijk

Broek op Langedijk merupakan sebuah desa di provinsi Belanda-Utara. Desa memiliki jumlah penduduk tak lebih dari 6.500 jiwa menurut angka statistik tahun 2020.

Bahasa Belanda “Broek” menunjukkan tanah rawa pada dataran rendah. Sedanngkan “Langedijk” adalah tanggul yang cukup panjang, sesuai arti sebenarnya.

Noord holland visit holland
Masih di sekitar Broek op Langedijk | IndoHolland Tours

Makna aslinya, “berada di tanah rawa di dataran rendah, dan terletak di atas tanggul yang panjang”. Begitulah kalau saya artikan makna asli dari “Broek op Langedijk”.

broek op langedijk holland

Masih di dalam gedung lelang sayur Broek op Langedijk | IndoHolland Tours

Ngomong-ngomong tentang dataran rendah. Negara Belanda adalah negara rendah. Negara Belanda terletak di bawah permukaan laut. Kesimpulannya, dimanapun lokasinya di Belanda, tetap rawan banjir. Untung ada Delta Plan, yang mengatur arus lalu lintas air agar gelombang besar air laut tidak naik ke daratan. Yang resikonya, negara Belanda bisa dilanda banjir besar.

Broek op Langedijk merupakan kawasan pertanian. Di awal abad 20-an wilayah Broek op Langedijk terbagi menjadi pulau-pulau kecil memanjang (ladang) yang hanya dapat di akses oleh air dengan pengangkutan tongkang atau perahu.

Visit Holland

Sayuran yang akan di jual saat acara Lelang Sayur,  Broek op Langedijk, Belanda | IndoHolland Tours

Sedangkan sayur kubis (putih) merupakan cocok tanam yang diutamakan ditanam di kawasan Broek op Langedijk.

Perjalanan ke Belanda

Sayur kubis putih terkenl di Broek op Langedijk | IndoHolland Tours

 

Museum Lelang

Konon, pada tahun 1887 Broek op Langedijk memulai penyelenggaraan lelang sayur. Ini adalah penyelenggaraan lelang sayur pertama dan tertua di Eropa.

Hingga saat ini, tradisi lelang sayur masih tetap di selenggarakan di Museum Lelang, dimana gedung museum tidak banyak di modifikasi. Anggapan warga lokal, kalau tradisi lelang sayur ini tidak boleh di hapus. Mereka menganggap, tradisi patut dijaga dan tetap dilestarikan. Menurut saya, tempat ini adalah tujuan destinasi wisata yang menarik di kunjungi. 

OLYMPUS DIGITAL CAMERADemonstrasi Lelang Sayur

Spider-Man nyasar masuk desa Broek op Langedijk, Belanda

Siapa yang nyangka seorang superhero Spider-Man nyasar ke desa Broek op Langedijk. ;-). Saya juga ngrasa lucu waktu denger ini. Ternyata, Broek op Langedijk dijadikan lokasi syuting film Spider-Man. Film di aktori oleh seorang aktor asal Inggris, Tom Holland. Judul filmnya adalah Spider-Man: Far from Home. Nama desa Broek op Langedijk di Belanda, pun sampai ke Marvel Cinematic Universe. Patutlah bangga desa kecil ini. 😉

broekoplangediijk1-belanda-indoholland-tourscom

 

#5 Hoorn

Hoorn merupakan sebuah kota di provinsi Belanda-Utara. Yang jumlah penduduknya tak lebih dari 75.000 jiwa menurut angka statistik tahun 2020.

Hoorn sejak dulu dikenal sebagai kota pelabuhan dan menjadi salah satu kawasan basis utama perdagangan VOC (Vereenigde Oost-indische Compagnie). Hoorn memiliki sejarah panjang baik untuk warga Belanda maupun untuk masyarakat Indonesia.

Kapal-kapal nelayan dan yacht bersandar rapi di pelabuhan. Di dalam kota Hoorn terdapat sebuah museum yang di dalam museum bisa mendengar/mendapatkan informasi tentang sejarah Kamar Perusahaan Dagang Belanda untuk Hindia Timur (VOC).

Visit Hoorn

Tempat wisata di Belanda Hoorn Noord-Holland | IndoHolland Tours

 

#6 Enkhuizen

Kota ini adalah salah satu kota favorit saya. Kota Enkhuizen terletak di provinsi Belanda-Utara. Jumlah penduduknya tak lebih dari 20.000 jiwa menurut angka statistik tahun 2020.

Kota Hoorn, Enkhuizen dan Amsterdam memiliki karakter kota yang hampir sama. Ketiga kota-kota ini merupakan salah satu kota pelabuhan VOC, tempat perdagangan luar negeri dengan Hindia-Timur.

canals in Noord Holland

Kapal dan yacht tertata rapi di Enkhuizen Belanda-Utara | IndoHolland Tours

Rumah negeri dongeng di Enkhuizen Belanda

Tempat wisata cocok untuk keluarga, Enkhuizen Belanda-Utara | IndoHolland Tours

Pesona alam kota Enkhuizen juga begitu adem dan asri. Saya pribadi, senang kunjungi kota Enkuizen, bersampan-ria. Apalagi di musim panas, warna langit begitu biru. Yang membuat hasil gambar keren atau foto keren. 😉

 

#7 Edam

Edam adalah salah satu kota keju. Jadi selain Alkmaar, Edam juga menjadi destinasi wisata populer karena Pasar Tradisional Keju yang di selenggarakan oleh masyarakat lokal. Edam tak jauh dari desa nelayan Volendam, kota terletak di provinsi Belanda-Utara. Jumlah penduduknya tak lebih dari 40.000 jiwa menurut angka statistik tahun 2020.

 

#8 Amsterdam

Siapa yang tidak kenal kota metropolitan ini. Kota besar sekaligus ibukota negara Belanda, yaitu Amsterdam. Kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan atau pendatang asing.

liburan ke rijkmuseum belanda

Rijksmuseum Amsterdam, Belanda

liburan ke Amsterdam

Cirikhas rumah Belanda jaman dulu di Amsterda, Belanda

 

Jadi, kunjungi kota-kota di provinsi Belanda-Utara adalah menyenangkan, karena kota-kota yang saya sebutin diatas dekat dengan kota Amsterdam. Nama kota Amsterdam yang sudah terdengar ke banyak negar di seluruh dunia.

Kota Amsterdam terletak di provinsi Belanda-Utara. Jumlah penduduknya tak lebih dari 900.000 jiwa menurut angka statistik tahun 2020.

Baca juga:
Rumah Belanda jaman dulu, di Amsterdam
Locker murah di tengah kota Amsterdam. Cek harga ukuran lemari
Ada masjid di belakang hotel Amsterdam

 

Media sosial IndoHolland Tours

YouTube

Instagram

 

Facebook grup Tour Leader Club (TLC)

Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).

tour guide tour leader

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

 

Baiklah, siapa tau, artikel “Kunjungi 8 tempat wisata di Belanda-Utara, kalo punya waktu cuma 4 hari” berguna.

Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

.

.

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.ellyafriani.BLOG

.

.

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

17 replies »

Leave a Comments