Flevoland

Belanja barang bermerek di Bataviastad, Belanda. Disana ada Replika Kapal VOC | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog – Bataviastad atau kota Batavia di Belanda. Bataviastad Fashion Outlet berada di tengah pusat kota Lelystad, province Flevoland. Bataviastad Fashion Outlet tak pernah sepi dari kunjungan turis lokal maupun dari mancanegara.  

 

Bataviastad Fashion Outlet, Belanda

Di kota Batavia ada Fashion Outlet seperti di Roermond. Bagi pecinta barang bermerek atau barang branded bisa liburan ke Belanda sekalian belanja barang bermerek di Bataviastad. Denger isu-isu, kalau Bataviastad sudah dijadiin tempat belanja wajib di Belanda “Tempat belanja, jastipnya di Belanda atau Rahasia Jastip Eropa”. Intinya, Roermond dan Bataviastad tempatnya belanja murah, bermerek pula.

belanja barang bermerek di bataviastad dan kunjungi kapal voc

Baca Juga:

Bagi Pelancong yang hobi jelajah negara kecil Belanda, dan sudah berada di provinsi Noord-Holland. Masih bisa berkunjung ke propinsi baru Flevoland ini. Kalau naik kendaraan darat dari Amsterdam menuju Bataviastad lebih kurang 1 jam perjalanan.

 

Kapal di zaman VOC di kota Batavia atau Bataviastad

Kita semua tau kalau Indonesia-Belanda punya kaitan sejarah, terutama di zaman VOC.
Ingat gak, zaman kita di sekolah dulu ada pelajaran sejarah tentang Kongsi Dagang Hindia Timur atau Kompeni Belanda (VOC). Nah, kalau teman jalan-jalan ke Bataviastad disana bisa lihat Replika Kapal Dagang VOC abad ke-17 berukuran besar bersandar di dermaga. Kapal berada persis di bagian belakang Museum Flevoland.

Di Museum Flevoland bisa lihat salah satu pameran bangkai hancur Kapal Kargo (Koga, Koggeschip, Cog). Kapal Kargo untuk megangkut barang ke berbagai kota di wilayah Baltik, dan kota-kota di Belanda, yaitu di Kota Hansa.

Baca Juga:

Saya coba caritau di web, pengertian umum Kapal Koga adalah kapal dagang terbesar yang mengarungi lautan pada Abad Pertengahan. Kapal memiliki kapasitas muat hingga 100 ton. Kabarnya, Kapal Koga pertama kali muncul pada abad ke-10 berasal dari wilayah Baltik. Dan awalnya diperkenalkan oleh Aliansi Kota-kota Perdagangan (Liga Hanseatic), perdagangan yang mendominasi perdagangan disepanjang pesisir Eropa.

jelajah belanda sambil kunjungi replika kapal voc

Jelajah Belanda sambil Kunjungi Replika Kapal VOC

Jelajah Belanda sambil Belanja Barang Bermerek, disana ada Replika Kapal VOC

Jelajah Belanda sambil kunjungi Replika Kapal VOC

Patung Kepala Putih yang terletak di alun-alun pusat kota Bataviastad. Patung Kepala Putih ini adalah hasil karya seorang seniman, Frisian Henk Hofstra. Dan kiasan dari peribahasa ini kira-kira seperti ini “Tahan kepalamu diatas air”.

 

Hidup di Belanda, lebih mengenal dengan Sistem Polder

Sebagian besar wilayah Flevoland berdiri diatas Polder. Sistem Polder adalah, daratan yang di ciptakan dari hasil pengeringan laut. Maka terjadilah daratan buatan. Jangan heran jika pelancong lihat tanggul-tanggul panjang berkilo-kilo meter atau tanah timbunan tinggi di sekitar wilayah Flevoland. Tanggul-tanggul ini berfungsi untuk mencegah banjir, agar air gak masuk ke daratan.

Jelajah Belanda dan Kunjungi Replika Kapal VOC

Jelajah Belanda sambil Belanja Barang Bermerek

Jelajah Belanda dan Belanja Barang Bermerek

Ngomong-ngomong tentang propinsi baru di Belanda.
Lelystad adalah ibukota provinsi Flevoland, terletak di lokasi bekas Zuiderzee (laut pedalaman dalam Belanda). Kini Zuiderzee disebut Ijsselmeer, danau terbesar di Belanda.

Jika teman ada waktu, singgah ke Zuiderzeemuseum di Enkhuizen, dan lihat sendiri bagaimana dulu rakyat di Zuiderzee hidup, tinggal dan bagaimana mereka bekerja. Zuiderzeemuseum adalah objek wisata yang patut dikunjungi.

Provinsi Flevoland sejak Januari 1986 resmi menjadi provinsi ke-12. Menurut updated  tahun 2022 negara kecil Belanda punya 12 provinsi dengan penduduk sekitar lebih dari 17 juta jiwa. Dan negara kecil ini punya Deltawerken atau Deltaworks yang sudah masuk ke dalam “8-Keajaiban Dunia”.
Maka teman wajib sempatkan jalan-jalan ke Zeeland, apabila sudah ada di Belanda. Saksikan dengan mata sendiri keajaiban Deltawerken ini.

Masih soal banjir, karena Belanda itu terletak di bawah permuakaan laut. Maka untuk mempertahankan Belanda dari ancaman banjir, terciptalah Afsluitdijk. Yaitu bendungan raksasa, dimana bendungan berfungsi sebagai penghalang laut untuk melindungi daratan dari banjir. 

Baca Juga:
7 HARI | Jelajah North-Holland + Friesland

 

Nationale Toerisme Top 2022: IndoHolland Tours dapet undangan dari VisitFlevoland

Seperti biasa, IndoHolland Tours selalu aktif mengunjungi acara FAM-Trip maupun kegiatan lain terkait pariwisata. Kali ini saya mengunjungi Flevoland, dalam rangka Nationale Toerisme Top pada bulan September 2022.
Di menit 1:34 saya sedang di wawancarai dan memberikan komentar tentang Flevoland. Cek filmya di link video YouTube https://youtu.be/u48P3hrKLYw

 

Cuaca di Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

 

Peta Belanda 

Negara Belanda adalah negara kecil, punya 342 Kotamadya atau Gementeen dan 12 propinsi di tahun 2023. Sedangkan Bataviastad berada di provinsi Flevoland, ibukotanya bernama Lelystad. Jika lihat foto peta Belanda di bawah ini, Flevoland terletak di tengah-tengah negara Belanda. Perhatikan zona warna pink lingkar hitam.

Jelajah Belanda sambil Belanja Barang Branded

 

PHOTO ALBUM LIBURAN

Koleksi potret cantik Bataviastad di Belanda bisa di cek di album kenangan liburan saya di GooglePhotos BELANDA, Bataviastad | Flevoland

 

MEDIA SOSIAL INDOHOLLAND TOURS

YouTube (masih schedule sampai 26 Februari)

Instagram (masih schedule sampai 26 Februari)

TikTok 

Pinterest

Google MyBusiness 
Google MyBusiness-Tours

LinkedIn
Linkedin-IndoHolland Tours

Tripadvisor 
Tripadvisor-IndoHolland Tours

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)
Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.
Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)
Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Baiklah, siapa tau, artikel “Belanja barang bermerek di Bataviastad, disana ada Replika Kapal VOC” berguna.

Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

 

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.com
www.ellyafriani.blog

 

 

 

Satu Perjalanan Dua Budaya
Menghubungkan Budaya Indonesia dan Budaya Belanda
Liburan ke Belanda Bersama IndoHolland Tours

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

1 reply »

Leave a Comments