Noord-Holland

Jelajah Pulau Texel, mengunjungi 4 desa wisata dalam 3 Hari | ellyafriani.blog


ellyafriani.blog – Texel adalah sebuah pulau indah terletak di propinsi Noord-Holland di Belanda. Bersepeda, mengunjungi satu desa ke desa lain. Desa indah di Belanda. Keindahan Pulau Texel menjadikan liburan wisata di Belanda semaking romatis.

Perjalanan – menghabiskan hari pekan ke Pulau Texel. 

Berangkat dari jam 9 pagi dari Utrecht, dan sekitar pukul 6 petang tiba di hotel.

Yuk, main ke pulau Texel. Pulau yang terletak di propinsi Noord-Holland.

.

.

Baca juga:

 

4 desa selama di Pulau Texel, yaitu: 

  1. Desa De Koog
  2. Desa Den Burg
  3. Desa Oosterend
  4. dan desa Oudeschild

Terus, kegiatan apa aja sih pada  hari pekan waktu itu? Begini acara kegiatannya:

 

Hari 1: Dari Utrecht ke Pulau Texel 

Aku dan 6 orang teman-teman sepakat untuk berkumpul di stasiun kereta api di kota Utrecht (kota dimana aku tinggal). Pertemuan disepakati pukul 10 pagi waktu setempat.

Berangkat naik kereta api dari Utrecht ke Den Helder sekitar 1,5 jam. Lumayan, waktu 1,5 jam bisa dipergunakan untuk berleha-leha, baca koran dan mendengar musik selama dalam perjalanan naik kereta api.

PP tiket kapal Feri

Harga tiket kapal feri sangat bervariasi.

Setiba di kota Den Helder, kami mengambil tiket kapal feri menuju pulau Texel, waktu itu sekitar tahun 2014 yang berbiaya sebesar € 2,50 / orang, dan harga ini sudah untuk pulang-pergi. Kapal feri berangkat setiap satu jam sekali. Ibarat, perjalanan dari Parapat Danau Toba menuju pulau Samosir. Jarak tempuh dari kota Den Helder ke pulau Texel tidak jauh, sekitar 20 menit.

jelajah desa-desa di pulau texel

Pulau Texel Belanda

 

Desa De Koog, Texel

Masih di Hari 1. Pada saat itu kami nginap di sebuah hotel bintang tiga, tepatnya di desa De Koog. Desa De Koog adalah desa favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati akhir pekannya. Hanya di desa De Koog ini banyak terdapat café, diskotik dan bar, di bandingkan dengan desa-desa lain yang sunyi akan tempat-tempat hiburan.

Udara di pulau ini sangat segar dan alami. Suasananya senyap, jauh dari hingar-bingar keramaian kota. Liburan selama 3 hari itu, tidak terlupakan!

Tidak sedikit wisatawan asing datang kemari. Terutama wisatawan dari negara Jepang dan Jerman yang paling hobi menyenderkan  karavan mereka pada lokasi-lokasi yang di disediakan.

Karavan adalah sebuah rumah berjalan mirip sebuah mobil dengan fasilitas minim, biasanya rumah ini di huni atau dipakai untuk liburan saja.

pulau texel belanda

Caravan berderet di pulau Texel

 

Di pulau Texel, jarang sekali ada angkutan umum, maka itu sepeda dayunglah dijadikan sarana sebagai kendaraan bagi masyarakat setempat. Kalau di pulau Samosir, wisatawan menyewa sepeda motor, tapi di pulau Texel aku tidak melihat adanya sepeda motor yang disewakan…;-).

Di pulau Texel, terdapat banyak toko-toko yang menyewakan sepeda dayung. Harga penyewaan sepeda dayung bervariasi. Mulai dari harga €15 per hari. Segala jenis dan ukuran juga tersedia di sana.

jalan jalan ke provinsi Noord-Holland

Parkiran sepeda di pulau Texel

 

Keindahan pulau pulau di Belanda

Kambing biri-biri di Pulau Texel

 

Hari 2: Desa Osterend, Texel

Sesuai kesepakatan bersama, setelah sarapan pagi kami pun berangkat ke desa Oosterend. Desa imut, apalgi liat rumah-rumahnya. Teman bakalan ngiler liat rumah dan desanya. Model pedesaan lain daripada yang lain. Dibandingkan dengan rumah-rumah yang ada di pulau ini. Jalan-jalannya yang kurus dan ramping, tidak selebar seperti jalan yang ada didesa-desa lainnya.

Perjalanan kami lumayan jauh, apalagi mengendarai sepeda dayung, yang memakan waktu seharian penuh.

Rumah Belanda di pulau texel

Rumah-rumah di Pulau Texel

 

masuk rumah kincir angin

Kincir angin di pulau Texel

Vuurtoren, Texel

Nah, ini adalah Menara Vuurtoren.

Menara Vuurtoren ini terletak paling ujung (Utara) pulauTexel, paling akhir!

Menara Vuurtorn  adalah sebuah menara yang di rancang untuk memancarkan cahaya lampu dan lensa. Dan ini di gunakan sebagai alat bantu navigasi untuk pilot maritim yang berada di laut atau di perairan pedalaman.

Rumah lighthouse di pulau texel

Lighthouse Texel

 

Hari 3: Desa Oudeschild, desa pelabuhan ikan

Well, desa Oudeschild, desa yang terkenal dengan desa pelabuhan ikan. Kalau mau ikut tur dengan kapal, datang ke desa OUderschild. Disini terdapat banyak deretan loket-loket yang menjual tiket tur kapal.

Untuk ikut tur kapal feri dikenakan biaya sebesar €10, selama 2 jam. Selama tur akan didampingi oleh seorang audio-pemandu wisata. Dan kapal berhenti di setiap tempat wisata, seperti Marinehaven, menyaksikan anjing laut yang sedang berjemur. Setiap pemberhentian, audio-pemandu wisata akan memberikan keterangan dari tempat-tempat wisata tersebut.

wisata kapan dan pertunjukan anjing laut

Anjing laut di pulau Texel

suasana pantai dan anjing laut

Anjing laut di Pulau Texel

 

Marinehaven, ini adalah sebuah pangkalan untuk angkatan laut (pelabuhan militer), di mana kapal perang dan kapal-kapal angkatan laut dikerahkan ketika mereka tidak memiliki misi di laut, atau ingin mengisi misi kembali.

Kalau mau datang kemari, enaknya di  musim panas. Nikmati pemandangan laut.

Oia, di kapal feri juga tersedia kantin, di mana penumpang dapat memesan makanan ringan dan minuman.

kapal marinir dipulau texel

Kapal di Pulau Texel

 

Balik pulang dari Texel ke Utrecht

Saatnya balik pulang ke Utrecht. Weekend pun sudah usai. 
Seperti yang saya sebutkan di atas kalau Pulau Texel terletak di provinsi Noord-Hooland. Nah sedangkan Amsterdam adalah ibukota Belanda yang terletak di provinsi Noord-Holland. Kalau sudah berada di Provinsi Noord-Holland atau provinsi Belanda-Utara, teman bisa jelajah juga tempat-tempat Wisata Terpopuler di Belanda.

 

.

Cuaca Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

.

 

Media Sosial IndoHolland Tours

YouTube

 

Instagram

 

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)

Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

 

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Baiklah, siapa tau, artikel “Jelajah Pulau Texel, mengunjungi 4 desa wisata dalam 3 Hari” berguna.
Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

.

.

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.ellyafriani.BLOG

.

.

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

8 replies »

    • dari stasiun Den Helder ke dermaga musti naik bus, makan waktu sekitar 15-20 menit. Dan busnya pada wktu itu berangkat 1 jam sekali. Positif input! I’ll adjust this accordingly. Thanks!

      Like

Leave a Comments